Minggu, 18 April 2010

perintah informasi sistem dalam linux

Perintah Informasi Sistem

Kegunaannya untuk mengetahui seluk beluk sistem baik dari segi hardware maupun software, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • df : perintah df menampilkan filesystem penggunaan disk space untuk semua partisi. Yang paling enak mungkin perintah df -h karena dia yang sering di gunakan :). df -h menggunakan megabyte (M) dan gigabyte (G) dalam hasilnya jadi lebih enak di baca manusia kayak kita he..he, bukan perhitungan block. (-h berarti “-human”)

Filesystem Size Used Avail Use% Mounted on
/dev/sda7 8.2G 5.3G 2.6G 68% /
tmpfs 252M 0 252M 0% /lib/init/rw
varrun 252M 212K 251M 1% /var/run
varlock 252M 0 252M 0% /var/lock
udev 252M 2.8M 249M 2% /dev
tmpfs 252M 232K 251M 1% /dev/shm
lrm 252M 2.0M 250M 1% /lib/modules/2.6.27-7-generic/volatile
/dev/sda11 6.1G 4.0G 1.8G 69% /home
/dev/sda10 15G 7.7G 5.9G 57% /media/hda10
/dev/sda5 6.1G 4.6G 1.2G 80% /media/hda5
/dev/sda6 6.5G 5.2G 1021M 84% /media/hda6
/dev/sda9 14G 12G 1.7G 88% /media/hda9

  • free : perintah ini akan menampilkan tabel penggunaan memory dalam sistem saat itu. Misalnya, free -m akan memberikan informasi menggunakan ukuran dalam megabyte (Mb), gunakan yang ini saja biar gampang.
  • top : perintah yang menampilkan informasi pada sistem Linux anda yang sedang di jalankan, system resources, termasuk CPU, RAM, penggunaan memory swap, dan berapa task yang sedang dijalankan. Untuk keluar dari perintah top, tekan Q.
  • Uname -a : uname - untuk menampilkan informasi termasuk nama mesin (nama komputer anda yang nampak dalam network), nama kernel, versi release, dan beberapa rincian lainnya. Paling berguna untuk memeriksa kernel yang Anda gunakan.
  • lsb_release -a : lsb_release dengan tambahan opsi -a untuk menampilkan informasi tentang versi Linux yang di gunakan di system anda berikut contoh hasilnya :

No LSB modules are available.
Distributor ID: Ubuntu
Description: Ubuntu 8.10
Release: 8.10
Codename: intrepid

  • ifconfig : menampilkan informasi network adapter di system anda termasuk yang wireless
  • iwconfig : Perintah iwconfig akan menampilkan informasi interface adapter jaringan nirkabel( wireless/Wi fi) termasuk informasi spesifik dari interface tersebut seperti kecepatan (Mbps) dan jaringan wireless yang sedang terhubung ke interface tersebut.
  • ps : Perintah ps akan menampilkan semua proses yang berjalan pada komputer anda.

Perintah-perintah berikutnya adalah untuk mengetahui daftar hardware pada komputer Anda, baik dari jenis tertentu atau dengan metode tertentu. Perintah ini paling berguna untuk debug bila suatu hardware anda tidak berfungsi dengan benar.

  • lspci : Perintah lspci menampilkan daftar semua PCI bus dan perangkat yang terhubung ke mereka. Biasanya juga mencakup network card dan sound card.
  • lsusb : Perintah lsusb menampilkan daftar semua bus USB dan perangkat USB yang sedang terhubung ke komputer seperti printer, flash disk, dan peralatan dengan USB interface lainnya.
  • lshal : Perintah lshal menampilkan daftar semua perangkat yang terdeteksi dan diketahui oleh Hardware Abstraction Layer (HAL), seharusnya sebagian besar atau semua hardware anda ter-list di sini.
  • lshw : Perintah lshw menampilkan daftar hardware di sistem anda, termasuk manufacturernya, jenis, dan ke mana hardware tersebut terhubung.

Satu yang selalu harus di ingat ketika belajar command line adalah kalau bingung dan ingin tahu tentang suatu perintah sekaligus opsi-opsinya gunakan perintah man namaperintah

Itu dulu untuk kali ini lain waktu di sambung kembali bila ada kesempatan dan ada yang mau ditulis di kategori Mencari dan mengedit file teks :)

AddThis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar